Rabu, 05 September 2012

BANTU MEREKA MERENGKUH BULAN


 Sejak zaman dahulu hingga saat ini pendidikan sangatlah penting . saat ini, sangat banyak dibangun tempat- tempat belajar baik sekolah maupun lembaga- lembaga swasta. Apalagi jika kita mencari tempat- tempat tersebut di daerah perkotaan, tentu dengan sangat mudah kita menemukannya. Sekolah dengan fasilitas yang sangat lengkap dan memadahi. Namun, sangat berbanding terbalik dengan mereka yang berada di daerah pedesaan maupun daerah pinggiran, di sana mereka bersekolah dengan fasilitas yang kurang memadahi  bahkan tidak layak guna.
Kondisi ini sangat miris melihat perkembangan daerah perkotaan yang begitu pesat dibandingkan dengan kondisi masyarakat pedesaan. Di kota anak- anak berangkat sekolah diantar atau berkendaraan pribadi, namun yang di daerah pedesaan mereka berangkat dengan mengunakan kendaraan umum yang penuh sesak bahkan tidak jarang berjalan kaki yang sangat jauh jaraknya. Di kota anak sekolah dapat mencari beraneka macam bahan pelajaran yang dia butuhkan melalui internet maupun perpustakaan sekolah yang selalu up-date buku – buku pelajarannya. Namun, di desa sebagian besar anak sekolah hanya bermodalkan buku di perpustakaan itupun terbitan lama.
Dalam UUD 1945 pasal 31 ayat 1 menjelaskan setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, dalam hal ini pemerintah seharusnya menyamakan minimal selalu mengembangkan pendidikan di daerah pedesaan. Pemerataan ini dapat berupa pembagian buku yang mutunya sama dengan sekolah- sekolah di perkotaan. Oleh karena itu, mari bersama- sama kita membantu mereka yang didaerah pedesaan dalam merengkuh rembulannya.
Ada langkah konkret yang dapat dilakukan antara lain, membangun sekolah alternatif. Sekolah alternatif sebagai lembaga alternatif untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat, tetapi berbeda dengan sekolah formal yang ada. Dan berdasarkan pengakuan dari siswa-siswa yang masuk sekolah alternatif, mereka justru lebih senang dan merasa sekolah alternatif lebih memberikan banyak manfaat ketimbang sekolah formal.
Langkah lain yang dapat dilakukan adalah mendatangi mereka secara langsung, memberikan motivasi- motivasi yang membangun cita – cita mereka;  mengajarkan mereka beberapa teknologi misalnya penggunaan komputer yang dapat menggunakan laptop sebagai medianya; membangun perpustakaan sederhana yang dapat di gunakan sebagai referensi dan bahan bacaan; dan mengajak mereka studi tour  ke sekolah maupun lembaga lain.
 Kegiatan ekstrakulikuler juga dapat dilakukan, seperti misalnya pembuatan kerajinan tangan. Dalam hal ini anak- anak dapat belajar berkreasi sekaligus bermain, dengan ini anak tidak hanya mendapat ilmu di sekolah namun juga memiliki kemampuan membuat karya.  Jika kegiatan ini selalu dilakukan secara berkesinambungan maka tanpa disadari juga dapat menghasilkan nilai ekonomis, dan secara tidak langsung dapat dijadikan tabungan bagi mereka untuk melanjutkan sekolah di tempat yang fasilitas da kualitasnya baik.
Pembentukan kepribadian juga dapat dilakukan. Peran pemud di sini adalah menumbuhkan rasa percaya diri kepada anak agar mereka tidak malu dan merasa kecil jika bersaing dengan orang yang berasal dari sekolah di perkotaan. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah diadakannya kelomopk mentoring yang sekaligus kelomok belajar, dengan demikian anak didik selain mendapatkan pengetahuan seputar pelajaran juga mendapatkan pengetahuan agama. Pengetahuan agama sangatlah penting karena merupakan pembentuk kepribadian. Jika seorang memiliki pengetahuan dan ilmu yang sangat luas, namu dia tidak berpegang teguh pada agamanya, maka dia suatu saat akan terpengaruh pada hal- hal buruk dan menyalahgunakan ilmunya.
Sahabat muda, jangan menganggap dirimu tiada artinya.
 Percayalah kau sangat dibutuhkan oleh bangsamu.
Dengarkanlah panggilan mereka yang membutuhkanmu.
Kuatkanlah dirimu,,,,
Terima kasih, semoga bermanfat,, “_”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar